Kamis, 26 Januari 2012

Kegiatan Nasional Pembukaan Perkemahan Nasional II Ditandai Dengan Peluncuran 3 Roket Powder ke Udara

Lebih dari 5.000 anggota pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) se Indonesia ikukut serta dalam kegiatan Perkemahan Nasional II (KEMNAS II) yang berlangsung selama 4 hari (11-14 Januari) di Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur. Kegiatan yang diawali oleh pendirian tenda oleh anggota dari masing-masing regu di hari pertama. Pemisahan dan pengelompokkan tenda dibagi berdasarkan group putra dan putri, dan masing-masing group dibagi lagi menjadi kecamatan dan kelurahan.




Kegiatan secara resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional, H. Azrul Azwar pada Kamis, 12 Januari 2012 yang ditandai oleh meluncurnya 3 roket powder ke udara. Ketiga roket powder ini merupakan hasil kreasi Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) Taman Mini.
“Selain untuk pembinaan diri, menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, perkemahan kali ini juga bertujuan untuk mendekatkan dan memberikan pemahaman tentang sains yang ada disekitar mereka, dengan demikian daya kreatifitas dan inofativitas mereka akan lebih berkembang untuk dapat membantu cita-cita dimasa yang akan datang” demikian ucap Ketua Dewan Pembina Pramuka JSIT, Sukro Muhab saat memberikan laporan pada acara pembukaan.
Pada perkemahan ini, para peserta dikenalkan dengan berbagai bidang teknologi teutama teknologi kedirgantaraan dan teknologi pertahanan. Hal ini dibuktikan dengan diajaknya peserta KEMNAS II ini berkunjung ke Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma dan Mako Brimob, Kelapa Dua. Selain masih ada PP-IPTEK yang memberikan berbagai pelatihan sepeti pembuatan roket air, Pengamatan Matahari, dan Peneropongan benda langit.
Untuk pelatihan pembuatan roket air, melibatkan sekitar 60 regu penggalang SMP yang hadir. Setiap regu mendesain dan membuat 2 roket dari bahan botol bekas kemasan minuman bersoda. Setiap roket yang telah dibuat kemudian diuji dengan cara diluncurkan. Sedangkan untuk pengamatan matahari, melibatkan sekitar 150 regu penggalang SD. Satu persatu mereka melakukan pengamatan langsung melalui teleskop yang telah disiapkan dan didampingi oleh para pemandu berpengalaman dari PP-IPTEK.
Selain memberikan pelatihan bagi para peserta, PP-IPTEK juga menyajikan 5 alat peraga interaktif, antara lain Konduktor dan Isolator, Bandul Chaostic, Gyroskop, Generator Listrik, dan Ilusi mata.[ppiptek]
Sumber: http://ppiptek-tmii.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar